Kamis, 07 Januari 2016

Manfaat daun sirih dan cara mengolahnya

semenjak era nenek moyang kita, sirih merah telah populer kaya hendak khasiat dan khasiatnya baik buat penyembuhan penyakit ataupun perawatan keacantikan para kalangan hawa.
Sirih hijau
Add caption

pengetahuan pendek Sirih Merah
Dalam Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan, sirih merah menggambarkan tanaman asli Indonesia. Tempat asal tanaman sirih merah disebutkan berasal daru Sulawesi.

Masih dalam Wikipedia, sirih merah mempunyai nama latin Piper ornatum, tetapi diantara pustaka mengacaukannya dengan nama Piper crocatum, yang tidak lain menggambarkan tanaman yang tidak dibudidayakan dan juga berasal dari daratan Amerika.

Selain populer hendak manfaat dan juga manfaatnya, sirih merah pun kerap dipakai sebagi tumbuhan hias karna mempunyai karakteristik khas daunnya yang unik dan juga memanjakan mata.

Selanjutnya, sirih merah pun memiliki ikatan kekerabatan dengan tanaman dari marga piper yang diantara di antara lain kerap kita jumpai, semisal sirih (Piper betle) atau lada (Piper albi linn).

Kandungan, Manfaat, dan juga manfaat Sirih Merah
Seperti dikutip dalam web formal Pemkab Lombok Barat (lombokbaratkab.go.id). Di senggang diantara senyawa yang berguna dan juga terkadung dalam sirih merah merupakan minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, fenil propada, alkoloid, saponin, tanin, dan juga flavonoid.

Dalam penjuru kesehatan, sirih merah dipercaya berkhasiat buat mengobati bermacam kategori kendala kesehatan, semisal diabet militus, hepatitis, batu ginjal, merendahkan kolesterol, melawan stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, perih sendi, memperhalus kulit, dan juga masih banyak lagi.

Di diantara balai penyembuhan tradisional dan juga golongan bunda rumah tangga sirih merah dimanfaatkan buat menyembuhkan dan juga kurangi keputihan. Sedangkan, dalam penjuru penyembuhan modern spesialnya produsen obat - obatan, sirih merah dimanfaatkan sebagi olahan dasar pembuatan kapsul ekstrak sirih merah.

Cara mencerna Sirih Merah buat Obat - obatan
Setelah di atas tadi dipaparkan secara pendek menimpa aneka kandungan, manfaat, dan juga manfaat Sirih Merah buat kesehatan. Berikut ini hendak dipaparkan tentang cara pembuatan formula atau racikan berbahan dasar Sirih Merah buat aneka obat - obatan serupa sudah dipaparkan dalam halaman lombokbaratkab.go.id yang disarikan dari novel karangan Bambang Sudewo dengan judul "Basmi Penyakit dengan Sirih Merah".

menyembuhkan diabet Mellitus (Kencing Manis). Ambil 3 lembar daun sirih merah setengan tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. mencuci bersih kemudian iris kecil - kecil. Selanjutnya, rebus dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa ½ gelas. Kemudian, minum racikan satu hari 3 kali saat sebelum makan. Sekali minum ½ gelas.
menyembuhkan Jantung Koroner. Petik daun sirih merah dimensi lagi 3 - 4 lembar atau dimensi kecil 6 - 8 lembar. mencuci bersih kemudian iris kecil - kecil. Selanjutnya, rebus irisan sirih merah dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas dan juga disaring. Terakhir, minum racikan selagi hangat 2 kali satu hari saat sebelum makan, sekali minum 1 gelas.
menyembuhkan Radang Prostat. Siapkan 6 lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk). mencuci bersih kemudian iris kecil - kecil, setelah itu rebus dengan air 2 gelas (400 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring dan juga minum racikan sekalian sehabis dingin (bisa ditambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) 2 kali sehari.
menyembuhkan TBC. Siapkan 6 lembar daun sirih yang telah tua berdimensi lagi atau dimensi besar sebanyak 4 - 5 lembar. mencuci bersih dan juga dibilas sampai 3 kali, setelah itu iris kecil - kecil dan juga rebus dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan juga minum racikan selagi hangat 3 kali sehari. Sekali minum sebayak ½ gelas. buat menjauhi kerasa yang sangat getir dapat ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis.
menyembuhkan Asam Urat. Ambil 7 lembar daun sirih merah dimensi lagi beserta batangnya sejauh 15 cm. mencuci bersih kemudian iris kecil - kecil dan juga direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai tersisa 2 gelas. Kemudian, saring dan juga minum racikan selagi hangat 2 kali sehari. Sekali minum ½ gelas. dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan juga perasan jeruk nipis. Sisanya dapat diminum pada hari selanjutnya sehabis dipanaskan terlebih dahulu.
menyembuhkan Kangker buah dada dan juga Rahim. Siapkan 6 lembar daun sirih dimensi besar beserta batangnya sejauh 15 centimeter (usahakan memilah daun sirih merah yang penggalan bawahnya bercorak merah menyeluruh dan juga segar). Daun dan juga batang sirih merah dicuci sampai bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas, setelah itu disaring. Minum racikan selagi hangat 2 kali sehari, sekali minum ½ gelas. dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
menyembuhkan Wasir. Ambil 7 lembar daun sirih kemudian mencuci bersih dan juga diiris kecil - kecil. berikutnya rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. sehabis disaring dan juga dingin, racikan diminum 3 kali sehari, sekali minum ½ gelas. dapat ditambahkan 2 sendok teh madu murni.
menyembuhkan Penyakit Ginjal. Petik 8 lembar daun sirih merah yang masih muda (daun penggalan pucuk). mencuci bersih, iris kecil - kecil, kemudian rebus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan juga endapkan racikan terlebih dahulu. sehabis dingin racikan diminum 3 kali sehari, sekali minum ½ gelas dan juga dapat ditambahkan dengan madu murni 2 sendok teh.
menyembuhkan Hepatitis atau Radang Liver. Ambil 6 lembar daun sirih merah tua berdimensi besar kemudian mencuci dengan air mengalir secara berulang - ulang. Kemudian, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas (800 ml) air hingga mendidih sampai tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, minum racikan 3 kali satu hari dengan takaran ½ gelas. Lebih baik bila ditambahkan madu 3 sendok teh tiap kali minum.

Selain buat menyembuhkan diantara penyakit serupa yang sudah disebutkan di atas. sesungguhnya masih banyak lagi bermacam penyakit yang dapat diatasi memanfaatkan daun sirih merah. semisal diantara penyakit sebagaimana sudah dikutip dalam web formal Pemkot Kupang (kupangkota.go.id) berikut ini:

menanggulangi cedera bakar. Siapkan diantara daun sirih merah kemudian mencuci bersih. Peras airnya setelah itu tambah dengan sedikit madu. Selanjutnya, tempelkan di tempat terbentuknya cedera bakar. (untuk permasalahan cedera bakar yang sekiranya tidak ringan terdapat baiknya langsung dibawa ke dokter)
Menghentikan mimisan. Petik sehelai daun siri merah yang masih muda, kemudian gulung. setelah itu taruh di lubang hidung yang menghasilkan darah mimisan.
menyembuhkan maag. Siapkan diantara daun sirih merah, kemudian mencuci bersih. berikutnya giling hingga halus, kemudian lumurkan dengan sedikit air panas di perut. ubah 2 kali sehari.
menyembuhkan gatal - gatal. Siapkan 20 helai daun siri merah, mencuci bersih, kemudian masak dengan air yang lumayan banyak hingga mendidih. Selagi masih hangat pakai buat mandi.
menyembuhkan mata merah. Petik 5 atau 6 helai daun sirih merah yang masih muda, masak dengan air panas, setelah itu tunggu hingga air dingin, setelah itu basuhkan ke mata yang sakit. jalani 3 kali satu hari hingga mata sembuh.
menyembuhkan batuk. Siapkan 15 helai daun sirih merah. mencuci bersih kemudian masak dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tersisa seperempatnya. Selanjutnya, minum dengan madu.
kurangi jerawat. Siapkan 7 hingga 10 helai daun sirih merah, mencuci dan juga haluskan. Seduh dengan 2 gelas air panas. Selanjutnya, pakai airnya buat membilas wajah. jalani 2 - 4 kali tiap hari.
menanggulangi keputihan. Siapkan 10 helai daun sirih merah kemudian mencuci bersih. setelah itu seduh dengan kurang lebih 3 liter air hangat. pakai air rendamannya yang masih hangat buat mensterilkan perlengkapan vital kamu (wanita).
mengobati buah dada bengkak karna berikan ASI. Ambil diantara helai daun sirih merah, mencuci dan juga oleskan sedikit minyak kelapa pada daun. Selanjutnya, panaskan sebentar daun di atas api hingga sekiranya kisut. Kemudian, taruh daun di buah dada dikala masih sedikit hangat. (Baca juga manfaat sirih lainnya: http://kayamanfaat.com/manfaat-daun-sirih-merah-bagi-kesehatan/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar